Kamis, 24 Desember 2009

Saklar ac (alternating current Switch)

Deskripsi
ac memicu saklar dengan sinyal frekuensi rendah.

Catatan
Dengan menggunakan tegangan ac yang dioperasikan untuk memberi triger ke diskrit komponen. Transistor Q1 dan Q2 bekerja sebagai penguat emitor umum, tetapi bias dari Q1 diatur dengan mengubah nilai R3 dan R4 sehingga tegangan 0.5V dijadikan tegangan dasar, Ketika tidak ada masukan sinyal menuju transistor maka beban tidak aktif.

Dengan sinyal input lebih besar dari 0,3 pk-pk (100mV RMS) setengah gelombang positif akan beralih pada Q1, Q2 dan relay. Sebagai masukan sinyal yang beralih ke transisi negatif, Q1 akan menonaktifkan, tetapi arus basis di Q2 diteruskan mengalir melalui C2, sehingga dengan demikian relay Q2 dan beban tetap bekerja. Ini akan terjadi untuk setiap sinyal ac dengan frekuensi 50 sampai dengan 1.000 Hz. R1 mencegah arus basis yang berlebihan mengalir ke Q2, jika diperlukan reistor 100 ohm dapat dirangkai dengan C1 untuk mengurangi arus berlebihan, meskipun ini dapat menurunkan sensitivitas.

C2 memiliki tujuan ganda dan juga meratakan sinyal input, hal itu menambah waktu tunda operasi on/off. Penundaan tergantung pada nilai C2 dan resistansi kumparan relay. Relay digunakan untuk mengaktifkan dan mematikan beban besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.