Kamis, 24 Desember 2009

Kombinasi Kunci Digital

Deskripsi
Beberapa kombinasi inputan kunci menggunakan counter IC CMOS. Fleksibilitas dan perubahan kode dilakukan dengan cara mengubah hubungan output.

Catatan
Rangkaian di atas memanfaatkan counter IC CMOS 4017. Setiap langkah switch PBS outputnya melalui 0 - 9. Dengan coupling output melalui IC gerbang AND, masukan kode standar membuat sebuah output. Setiap debounced saklar oleh dua pintu gerbang CMOS 4001 dengan 2-masukan gerbang NOR. Hal ini untuk memastikan konter pulsa masukan dari masing-masing IC CMOS 4017. Ketika jumlah yang ditekan di PBS A benar, akan mengakibatkan PBS B menjadi aktif. Hal ini berlaku untuk PBS C dan D. Pada IC4, PBS D harus ditekan 7 kali. Kemudian PBS C ditekan lagi 7 kali, langkah dari output 1 ke output 8. Sehingga output gerbang AND sekitar CMOS 4081 menjadi tinggi, dan LED menyala. Switch Reset dapat ditekan setiap saat. Power on reset ini disediakan oleh kapasitor 100nF dekat saklar reset. Di bawah ini merupakan gambar fisiknya:

Sayangnya, rangkaian ini memerlukan catu daya tegangan yang berbeda-beda. Suatu hari ketika bekerja pada sirkuit lain, saya pernah memercikkan tegangan 24 volt DC ke board ini. Ada percikan kecil, dan kepulan asap sebelum semua chip ini panas! Maka, pertimbangkan desain sebuah rangkaian. Sekarang ada IC kunci kombinasi khusus dengan kombinasi beberapa kali lebih besar daripada sirkuit ini. Kebetulan kombinasi yang ditawarkan di rangkaian ini sebanyak 10 x 10 x 10 x 10 x 9 = 90.000 kombinasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.