Kamis, 11 November 2010

Pengukur Suhu (Termometer) Digital dengan Remote

Remote sensor mengirim data melalui PLN, dengan kisaran suhu: 00,0 sampai 99,9 ° C pada tampilan LED 7-segmen. Jarak pemancar-penerima bisa mencapai ratus meter, asalkan kedua unit yang terhubung ke PLN dalam kontrol dari meteran yang sama.

=> Rangkaian Pengirim (Transmitter):
IC1 merupakan sensor suhu dengan output linear 10mV/°C, IC2 merupakan pengubah tegangan-frekuensi. Pada pin output (3), masukan dari 10mV dikonversi menjadi sinyal frekuensi 100Hz. Jadi, misalnya suhu 20°C diubah oleh IC1 menjadi 200mV dan dengan IC2 diubah menjadi 2KHz. Q1 merupakan driver output Q2, disambungkan ke PLN melalui L1, C7 dan C8.

=> Rangkaian Penerima (Receiver):
Sinyal frekuensi berasal dari PLN dan terisolasi oleh C1, C2 & L1 lalu diperkuat oleh Q1; dioda D1 dan D2 membatasi gelombang puncak pada input. Pulsa akan disaring oleh C5, menuju IC1B, dibagi dengan 10 di IC2B dan terakhir dikirim ke input clock IC5.
IC4 adalah generator pewaktu: ia menyediakan pulsa reset untuk IC1B dan IC5 dan memungkinkan untuk mengunci pada gerbang-waktu IC5 di frekuensi 1Hz. Hal ini didorong oleh gelombang persegi 5Hz diperoleh dari frekuensi 50Hz listrik picked-up dari T1 sekunder, IC1C dan dibagi dengan 10 di IC2A.
IC5 katoda menampilkan melalui driver Q2, Q3 & Q4 pada tingkat frekuensi multiplexing ditetapkan oleh C7. Drive sejajar dengan 3 display melalui BCD-ke-7 decoder segmen IC6.
Menyimpulkan, sinyal masukan dari listrik PLN, yang memberikan frekuensi 2KHz, dibagi oleh 10 dan ditampilkan sebagai 20,0°C.

Catatan:
=> D6 adalah Most Significant Digit dan D8 adalah Least Significant Digit.
=> R16 dihubungkan ke anoda Titik D7 untuk mensuplay titik desimal agar menyala terus.
=> Mengatur core ferit kedua induktor untuk output maksimum (terbaik diukur dengan osiloskop, tapi tidak kritis).
=> Set trimmer (pemangkas) R4 di pemancar untuk memperoleh frekuensi 5KHz di pin 3 dari IC2 dengan input 0.5Vcc di pin 7 (diperlukan meter frekuensi digital).
=> Instalasi sederhananya: tempatkan termometer dekat dengan IC1 sensor, maka set R4 untuk memperoleh pembacaan yang sama dari termometer di layar penerima.
=> Jaga sensor (IC1) jauh dari sumber pemanasan (misalnya listrik Transformer T1).
=> Linearitas sangat baik.
=> Peringatan! Kedua sirkuit terhubung ke listrik 230Vac, maka beberapa bagian di papan sirkuit berpotensi mematikan! Jangan menyentuh sirkuit saat terpasang dan isolasikan dengan kotak plastik.

3 komentar:

  1. tolong buatin komponen penaik tegangan 2xlipat
    dari accu motor duonk..



    ttd

    ciuut.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Bisa, menyusul ya. Ini lagi ada kesibukan, jadi nggak sempat cari materi untuk pembelajaran

    BalasHapus
  3. Rangkaian bisa dilihat di: http://el3ktronika.blogspot.com/2011/03/penaik-tegangan-12-volt-ke-24-volt-aki.html

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.