Senin, 16 November 2009

Lampu TL 12 Volt 40 Watt

Rangkaian ini paling efisien menggunakan tabung 40 watt (atau dua tabung 20 watt yg diseri). Rangkaiannya sangat sederhana untuk dibuat dan tidak memerlukan printed circuit board.

Gambar Rangkaian:

Gambar Fisik:

Gambar Lilitan:

Inti ferit trafo adalah batang dari antena radio transistor tua. Anda bisa menggunakan lempengan antena tapi kami telah memilih diameter batang 10mm, panjang 8cm dan lilitan pertama disebut primer. lilitan primer terdiri dari 58 lilitan kawat, diameter 0,61mm, dengan jarak agak terpisah sehingga menempati pusat batang 6cm. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat dua lapisan isolasi di sekitar batang kawat sehingga tidak menyentuh batang.
Lapisan berikutnya disebut umpan balik yang berkelok-kelok dan terdiri dari 13 lilitan, 0,28 mm kawat tipis, mode spiral sehingga tidak memakan penuh 6cm panjang.
Dan yang terakhir disebut Sekunder. Ini terdiri dari 450 lilitan dari 3 lapisan dari 150 lilitan 0,28 mm kawat.
Tegangan antara awal dan akhir dari gulungan ini akan menjadi sekitar 1.000 volt dan isolasi pada kabel hanya sekitar 100V. Jadi, antara awal dan akhir tidak boleh dekat satu sama lain. Berhatihatilah dalam melilit kumparannya.

2 komentar:

  1. dari sini ya... http://www.talkingelectronics.com/projects/FluorescentInverter/FluorescentInverter.html

    BalasHapus
  2. di aku jg ada tp belon di posting he..he..he..

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.